You are here: Beranda

KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU

Cegah Banjir, Camat Senapelan, Pekanbaru Fungsikan Lima Pompa Air

E-mail Print PDF

Antisipasi terjadinya banjir didaerah rawan dilakukan Camat Senapelan, Pekanbaru. Lima pompa air mulai difungsikan dibeberapa titik. Guna mencegah banjir dimusim penghujan saat ini, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru telah memfungsikan lima pompa air di beberapa kawasan rawan banjir.

 "Lima pompa air yang kami miliki kini dalam posisi bagus dan aktif bekerja," ungkap Camat Senapelan, Pekanbaru, Lili Suryani, Rabu (10/2/2016).

Lili Suryani menyebutkan kelima pompa air tersebut baru mendapatkan perbaikan dari Dinas PU Provinsi Riau akhir tahun lalu. Tujuannya untuk mengantisipasi genangan air saat musim penghujan. "Dengan bagusnya kelima pompa air ini alhamdulilah walau hujan menguyur dua hari berturut- turut rumah warga di Senapelan aman dari banjir," tuturnya.

Ia mengatakan kawasan rawan banjir diwilayah Kecamatan Senapelan cukup luas. Karena rata-rata berbatasan dengan bantaran Sungai Siak. "Tahun lalu masih kena banjir, syukur tahun ini tidak," ucapnya. Pemasangan pompa air adalah solusi untuk menghindari air menggenangi rumah warga. "Kalau kondisi hujan pompa masih sanggup, kecuali Sungai Siak meluap," tutur Lili.

Pemasangan titik pompa juga disesuaikan dengan wilayah genangan. Termasuk kapasitas mesin pompa bervariasi. "Dari lima pompa terdapat dua pompa besar dan tiga ukuran kecil," bebernya.

Adapun wilayah yang rawan banjir tersebut, Jalan Meranti, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Kampung Bandar, Jalan Perdagangan, Kelurahan Kampung Baru RW V, Kelurahan Kampung Bandar RW 1. "Untuk Kampung Baru, Kelurahan Kampung Bandar, pompa airnya basar, satu aliran dengan Jalan Meranti dan Jalan Perangsangan dibawah jembatan Siak I," bebernya lagi.

Penempatan kelima pompa air ini masing-masing di Kelurahan Kampung Baru dua yang ukuran kecil, Kelurahan Kampung Bandar dua kecil dan satu besar serta Kampung Dalam satu pompa ukuran besar. Kesemua pompa air ini aliran buangannya mengarah ke Sungai Siak. (RTC)

 

 

 

 

 

 

Video